Monday 29 August 2016

Mengatasi Sinyal Hilang di Redmi 2 Pro

Kasus sinyal hilang (no signal) bisa dibilang masalah yang biasa dijumpai pada Xiaomi Redmi 2 dan Xiaomi Redmi 2 Pro. Umumnya masalah seperti itu terjadi setelah pengguna baru saja melakukan Update MIUI ke versi yang lebih tinggi ataupun ketika sehabis ganti ROM MIUI dari China version ke Global version agar perangkat Xiaomi Support Bahasa Indonesia.
Permasalahan sinyal hilang tersebut sebenarnya terjadi hanya dibeberapa type saja. Di Xiaomi Redmi 2 Pro maupun Redmi 2 Pro, hanya dengan model produk 2014813 dan 2014819 saja yang sering mengalami masalah seperti itu.
Masalah sinyal hilang yang kerep melanda di beberapa type Xiaomi Redmi 2 Pro karena kasus seperti yang disebutkan diatas memang sangat menakutkan bila dijumpai. Tapi untungnya, masalah itu masih bisa diperbaiki dengan mudah, salah satunya dengan cara melakukan Flashing Modem NON-HLOS ke perangkat Xiaomi seperti dibawah ini, Nah pada kesempatan ini saya akan membagikan modem khusus Redmi 2 Pro 2014819 atau ekor 19

Persiapan yang Dibutuhkan: Download file Modem NON-HLOS

Pertama silahkan download salah satu Modem NON-HLOS yang sesuai dengan model perangkatmu dibawah ini:
Model Produk pada Xiaomi Redmi 2 Pro  bisa kamu ketahui dengan cara melihat keterangan yang tertera di dusbox atau pada informasi yang tertera di body belakang (tempat baterai) perangkat. Model Type 2014819.

Install Modem NON-HLOS lewat Mi Recovery, CWM atau TWRP

Simpan file Modem NON-HLOS yang sudah kamu download ke memori internal perangkat. Dan ubah nama filenya menjadi update.zip untuk kamu yang ingin melakukan flashing lewat Mi Recovery. (nama tidak harus diubah jika kamu melakukan flashing lewat custom recovery CWM/TWRP).
Sebagai contoh disini dilakukan flashing lewat Mi Recovery:
  1. Pastikan file Modem NON-HLOS sudah di ubah namanya menjadi update.zip dan telah disimpan di memori internal perangkat.
  2. Matikan (turn-off) perangkat Xiaomi Redmi 2 Pro, dan pastikan juga daya baterainya mencukupi (amannya minimal 50%).
  3. Perangkat dalam keadaan turn-off, Silahkan masuk ke Mi Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol “Volume up(+)” dan “Power” secara bersamaan hingga menu Recovery muncul dilayar.
  4. Dihalam pertama modus Recovery, pilih “English” untuk memilih bahasa .
    Di mode Recovery gunakan tombol “Volume Up(+)” dan “Volume Down(-)” untuk menavigasi (naik turun) menu, dan gunakan tombol “Power” untuk mengeksesuki menu yang dipilih.
  5. Berikutnya, pilih menu “Install Update.Zip to System” (Yes jika pesan konfirmasi muncul). Tunggu hingga prosesnya selesai.
  6. Setelah proses selesai, pilih “Back” untuk kembali helaman main menu. Lalu pilih menu “Reboot > Reboot to System One (latest)” untuk menyalakan kembali perangkat secara normal.
Setelah menyala, sampai disini sinyal untuk kedua simcard (sim1 dan sim2) seharusnya sudah bisa muncul dan normal kembali. Tapi apabila masih belum juga berhasil, coba lakukan Wipe lewat mode recovery dengan memilih Wipe & Reset > pilih Wipe Chache dan Wipe user Data(ingat proses wipe hanya opsional saja).

Install Modem NON-HLOS juga Bisa Lewat Aplikasi Updater

Selain lewat recovery, file Modem NON-HLOS juga bisa di install langsung lewat aplikasi updater dengan cara seperti berikut:
  1. Buka aplikasi “Updater/Pembaruan”.
  2. Berikutnya tap “icon tiga titik” yang ada di sudut kanan atas, lalu pilih menu “Select Update Package/Pilih Paket Pembaruan”.
  3. Cari dan pilih file Modem NON-HLOS yang sudah kamu download sebelumnya
  4. Proses install akan dimulai, tunggu dan ikuti saja proses yang sedang berlangsung.
Sampai disini bila semuanya berjalan lancer, maka sinyal yang tadinya hilang di perangkat Xiaomi Redmi 2 Pro akan normal dan muncul kembali.

Mengatasi Sinyal Hilang di Redmi 2 Pro Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daryl farahi

3 komentar:

  1. itu bisa meembuat sinyal 4g nya muncul apa tidak bang...?

    ReplyDelete
  2. Gan, minta tolong redmi 2 prime saya sinyal Ada, packet kuota Ada, KONEKSI 4g tapi buat bbm conecting, buat buka aplikasi yg pake data gak bisa kaya coc, IG, load email, load cuaca, browsing.
    Tapi kalo pake WiFi bisa.
    Udah setting dipenggunaan data tetep gak bisa.
    Mohon bantuannya Gan.
    Trimakasih.

    ReplyDelete